Senin, 07 Januari 2008

PENGEMBANGAN MEDIA TIK UNTUK PENDIDIKAN

PENGEMBANGAN MEDIA TIK UNTUK PENDIDIKAN

(WEBSITE)

1. PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, dalam tuntutan modernisasi dan globalisasi, pendidikan yang bermutu adalah suatu kebutuhan yang semakin penting agar mereka survival dalam persaingan yang semakin ketat. Kebutuhan akan pentingnya pendidikan yang bermutu telah disejajarkan dengan kebutuhan primer lainnya seperti sandang, pangan, dan papan. Tanpa pendidikan, yang bermutu mereka akan tetap tertinggal dan berada dalam strata sosial paling bawah.

Menghadapi kondisi seperti itu, perlu diambil suatu kebijakan dan memberikan arahan dalam pendayagunaan teknologi dan informasi untuk meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan dan bisa dijadikan landasan dalam pendayagunaan ICT untuk pendidikan.

Internet merupakan jaringanglobal yang menghubungkan beribu pulau bahkan berjuta jaringan komputer dan komputer pribadi, yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung kepadanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain (Brace, 1997), dalam (Prawiradilaga dkk : 307). Fasilitas aplikasi internet cukup banyak, berdasarkan penelitian dan pengalaman sebagaimana yang telah dilakukan di banyak negara maju, pendayagunaan internet untuk pendidikan atau pembelajaran bisa dilakukan dalam bentuk website.

Menurut banyak orang mungkin hanya tahu website tetapi belum banyak yang tahu apa website itu, apa dan bagaimana cara kerja dan pembuatannya, berikut kami akan membahas lebih detail apa dan bagaimana sebenarnya website itu.

2. PENGERTIAN WEBSITE

Website adalah sebuah tempat di internet dimana anda bisa menempatkan informasi, sehingga siapa saja didunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang diri anda, memberi pertanyaan kepada anda, memberikan anda masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk anda.

Internet bagaikan sebuah pusat perdagangan terbesar didunia dan Website adalah salah satu Toko / Kios di pusat perdagangan tersebut.

3. APA YANG DIPERLUKAN DALAM MEMBUAT WEBSITE

a. Alamat Website (Domain)

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Tiap host di internet akan mempunyai alamat IP (Internet Protocol), untuk mengidentifikasi host atau untuk “membedakan” antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Alamat IP tersebut berupa 4 angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Masing-masing angka mewakili delapan bit alamat internet. Sebagai contoh adalah 202.114.143.4. Yang perlu diperhatikan bahwa masing-masing angka tersebut tidak boleh lebih besar dari 255. Meskipun format IP dapat dibaca dengan jelas (terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik), alamat IP kurang berciri dan sulit diingat.

Karena tiap alamat IP mengacu pada satu dan hanya satu host jaringan, maka bagi internet relatif mudah dalam menetapkan sistem penamaan untuk satu host jaringan. Sejumlah ketentuan yang telah didefinisikan dengan baik untuk penamaan komputer pada jaringan telah mengalami perkembangan bersama layanan directory untuk memcari nama. Ketentuan serta layanan directory secara kolektif dikenal sebagai Domain Name System (DNS). Domain adalah kelompok host jaringan yang diberi nama.

Untuk itulah anda akan membutuhkan “Nama Domain” (misalnya alamat domain berupa “www. Perusahan anda. Com” atau “www.Perusahan Anda.co.id”). Dengan membeli nama domain tersebut, pengguna internet cukup memasukkan “www.Perusahan Anda.com” ke internet Explorer (browser) mereka untuk mengunjungi website anda. Sebagai contoh : untuk mengunjungi Website Yahoo, anda cukup memasukkan kata www.yahoo.com atau “yahoo.com” ke Internet Explorer Anda (tanpa www dan dengan www sama saja, nama domain bahkan tak mengenal hurup besar dan hurup kecil). Nama domain tersebutlah yang akan mengantarkan pengguna internet ke Website Hosting.

b. Hosting

Setelah anda mendapatkan alamat Website / Nama Domain Anda, kini anda akan membutuhkan servis yang dinamakan Web Hosting.

Web Hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server internet kami untuk menempatkan dokumen-dokumen web Anda (html, data base, audio, video, dsb) sehingga menjadi sebuah hompage / situs web yang dapat dikunjungi dari seluruh dunia.

Bila anda mempunyai sebuah bisnis dan ingin agar informasi bisnis anda mudah ditemukan oleh halayak dunia, atau ingin citra perusahan anda meningkatkan dengan online di internet, atau bila anda memang mempunyai, bisnis berbasis internet, maka anda memerlukan sebuah server yang terhubung dengan internet selama 24 jam sehari untuk menempatkan hompage anda.

c. Isi dari Website

Menyiaokan segala informasi yang dibutuhkan seperti :

Ø Content : informasi yang akan dimuat kedalam website yang berupa text dan kumpulan foto-foto.

Ø Design : tampilan yang dibuat untuk keindahan tampilan diwebsite sehingga menarik perhatian para pengunjung agar betah melihat website anda, sehingga tertarik melihat seluruh informasi yang anda telah siapkan.

3. CARA MEMBUAT DESIGN ATAU ISI WEBSITE

Yang pertama kita harus memiliki jiwa seni agar nanti kelak jika telah selesai orang yang melihatnya menjadi senang dan tertarik melihat keseluruhannya. Membuat halaman web bisa menggunakan software apa saja, tetapi kita juga harus tahu script yang digunakan. Dalam hal ini script atau perintah HTML, tapi ada beberapa software.

Contoh : jika menggunakan softrware Microsoft Office seperti wolld atau exel pun bisa membuat halaman web tinggal kita design tampilannya kemudian kita Save As html itu sudah bisa halaman web, tetapi dalam hal ini, jika kita menggunakan untuk memasukkan script atau perintah tertentu yang berbasis html itu sangat susah.

Untuk script atau perintah dasar dari html bisa dipelajari atau dibuka melalui http://www.rumahweb.com/journal/dasar-dasar-html-i.htm

Tapi ada juga beberapa software yang memang khusus digunakan untuk membuat design tampilan website. Untuk membuat design awal atau layout tampilan menggunakan software adobe Photoshop. Software ini bisa digunakan untuk mengedit foto dan mempercantik tampilan dan membuat gambar yang akan ditampilkan di website nanti.

Kemudian dimodifikasi kembali menggunakan software Macromedia Dreamwaver dimana seperti di katakan sebelumnya, perlu pengetahuan tentang script atau perintah HTML, dengan software ini gabungkan gambar-gambar yang telah di edit tadi daro photoshoft ditambah dengan text atau informasi yang ingin dimasukkan kedalam website tadi.

Jika dalam website nanti untuk mempercantiknya dibutuhkan animasi, maka gunakan Macromedia Flash untuk membuat file animasinya masukkan kedalam HTML tadi menggunakan Dreamwaver tadi. Bagi yang sudah tahu dan sudah ahli menggunakan perintah html jika tidak ada software dreamwafer bisa menggunakan software notepad untuk melakukan sedikit perubahan pada file html tadi.

4. KESIMPULAN

Komputer sebagai alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintegrasi komputer. Saat ini dengan adanya jaringan global bidang teknologi informasi, komputer juga bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, antar daerah, pulau, bahkan antar benua. Dimana website adalah salah satu cara untuk mempermudah pekerjaan sekolah, proses pengajaran dan pembelajaran karena prosesnya sangat cepat, murah, mudah dan menyenagkan.

Tidak ada komentar: